All for Joomla All for Webmasters

Ketahui Pentingnya Memandikan Bayi Sesuai Dengan Jam Mandi Disini

Memandikan bayi merupakan salah satu perkara yang biasa dianggap sepele. Padahal tubuh bayi sangat sensitif terhadap berbagai perubahan kondisi lingkungan. Sebenarnya apa yang membuat ibu harus memperhatikan jam mandi yang baik untuk bayi? Simak selengkapnya sebagai berikut. 

Menghindari Resiko Penyakit

Memandikan bayi sebenarnya tak perlu lama, anda hanya perlu melakukannya sekitar 5 sampai 10 menit. Bayi sangat rentan kedinginan sehingga saat anda hendak memandikannya, gunakan air hangat dan setelah selesai segera tutupi tubuh bayi dengan kain agar tidak terlalu lama terpapar udara secara langsung.

Perubahan suhu yang terlalu mendadak akan mempengaruhi daya tahan tubuh si kecil. Saat bayi kedinginan, bukan tidak mungkin ia akan terserang flu. Anda harus ingat bahwa sistem imun bayi belum sekuat orang dewasa. Bayi rentang terserang penyakit walaupun ibu sudah sebaik mungkin menjaganya.

Penyakit flu dan batuk sebenarnya adalah hal yang sepele untuk orang dewasa. Akan tetapi penyakit ini bisa berakibat serius untuk bayi. Bayi yang mengalami flu biasanya disertai dengan kondisi hidung tersumbat. Tidak seperti orang dewasa yang bisa membuang ingus, bayi akan kesulitan untuk melakukannya.

Inilah yang menjadi salah satu faktor pentingnya memperhatikan jam mandi yang baik untuk si kecil. Daya tahan tubuhnya yang masih belum sempurna ditambah dengan kemampuannya yang  masih kurang membuat bayi lebih sulit untuk diberi perawatan saat terinfeksi sebuah penyakit. Selain itu tak semua obat bisa digunakan untuk mengatasinya.

Baca Juga: Kulit Sensitif, Yuk Intip Tips Memilih Tisu Basah Untuk Baby Newborn

Menghindari Kemungkinan Iritasi

Saat anda memandikan bayi, sudah sewajarnya jika anda menggunakan berbagai produk perawatan tubuh mulai dari sabun hingga shampoo. Anda harus tahu jika produk produk tersebut mengandung bahan bahan yang mungkin bisa memicu timbulnya alergi. Alergi pada kulit bayi terjadi karena kulit mereka masih sangat sensitif.

Bisanya pada beberapa produk sabun ataupun shampoo terdapat bahan berupa pewangi. Bahan inilah yang seringkali menjadi penyebab munculnya gejala iritasi jika terlalu sering digunakan. Inilah pentingnya memandikan si kecil sesuai jam mandi yang baik untuk bayi. Mungkin bahan tersebut sebenarnya aman namun karena kondisi kulit bayi yang sensitif bisa membuat alergi.

Gejala iritasi yang bisa muncul akibat ketidak cocokan kulit dengan produk perawatan tubuh adalah munculnya ruam atau bintik merah pada permukaan kulit bayi. Biasanya gejala tersebut disertai dengan rasa gatal sehingga bisa membuat bayi merasa tidak nyaman. Jika anda lihat gejala iritasi sangat buruk, bisa segera hubungi dokter.

Dokter nantinya akan menyarankan anda untuk tetap membuat daerah yang teriritasi tetap kering dan juga akan diberi salep. Gunakan salep sesuai dengan anjuran dari dokter karena tidak semua salep bisa meredakan gejala iritasi pada kulit bayi. Inilah yang menjadi salah satu alasan anda harus memperhatikan jam mandi yang baik untuk bayi.

Demikianlah bahasan tentang pentingnya memandikan bayi sesuai dengan ketentuan dan jam mandi yang sesuai. Merawat bayi bukanlah hal yang mudah, anda bisa buka halaman blog Mitu Baby Care. Disana terdapat berbagai informasi terkait tips merawat si kecil dan juga produk perlengkapan mandi bayi.

Artikel Lainnya: 3 Dampak Buruk Terlalu Sering Mandi Untuk Bayi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.