All for Joomla All for Webmasters

Jenis – Jenis Asuransi Kecelakaan Diri Yang Anda Harus Tahu

Salah satu asuransi yang harus dipunya seorang pekerja seperti karyawan adalah asuransi kecelakaan diri. Asuransi ini bertujuan untuk memberikan proteksi jaminan kerugian akibat resiko terjadinya kecelakaan saat bekerja. Karena kecelakaan bisa menimpa siapa saja apalagi saat bekerja, maka asuransi kecelakaan diri wajib didaftarkan baik secara individu maupun perusahaan kepada karyawannya.

Asuransi kecelakaan diri ada dalam aturan ketenagakerjaan untuk melindungi tenaga kerja yang sedang bekerja. Asuransi ini bertujuan untuk menanggung ganti rugi akibat resiko seperti seperti kematian, cacat permanen, cacat sementara, dan biaya pengobatan perawatan rumah sakit. Berikut ini beberapa syarat pihak asuransi memberikan ganti rugi kepada tertanggung apabila :

  • Sumber kecelakaan adalah terjadi tak terduga atau secara tiba – tiba.
  • Sumber kecelakaan adalah bukan sebuah kesengajaan atau tidak dibuat – buat.
  • Sumber kecelakaan yang disertai kekerasan.
  • Sumber penyebab kecelakaan haus jelas.
  • Datangnya sumber kecelakaan bukan hal yang diinginkan.
  • Akibat kecelakaan harus berupa luka atau cedera fisik yang jelas.
  • Hubungan sebab dan akibat harus kuat.

Berdasarkan jenisnya, asuransi kecelakaan terbagi menjadi :

1.       Individual Personal Accident Insurance

Polis asuransi jenis ini akan menanggung satu individu atau satu orang tertanggung saja.

 

2.       Group Personal Accident Insurance

Polis asuransi kecelakaan diri jenis ini ditujukan untuk grup atau beberapa orang. Limit minimal peserta asuransinya adalah 25 orang. Polis asuransi jenis ini sering digunakan perusahaan untuk mendaftarkan para karyawannya.

 

3.       Family Personal Accident Insurance

Polis asuransi kecelakaan diri ini ditujukan untuk menanggung semua anggota keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan anak dengan rincian Anda sebesar 100%, pasangan Anda sebesar 50 %, dan anak – anak Anda sebesar 10%.

 

4.       Trip Guard Personal Accident Insurance

Polis ini adalah ditujukan bagi Anda yang ingin bepeergian atau melakukan perjalanan. Asuransi akan menanggung resiko jika terjadi kecelakaan. Periode jaminan diberikan selama lamanya perjalanan Anda. Dan dapat diperpanjang 1 x.

 

Jenis – jenis asuransi di atas tentu memberikan manfaat  yang berbeda – beda sesuai dengan kebutuhan asuransi Anda. Jika Anda hendak memiliki asuransi kecelakaan diri secara individu, maka pilihlah dengan bijak sesuai kebutuhan Anda.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.