All for Joomla All for Webmasters

Mengenal Financial Technology atau Fintech

Saat ini layanan keuangan atau layanan finansial di Indonesia sudah semakin maju. Salah satunya diwujudkan dengan adanya bisnis fintech di Indonesia. Apa itu Fintech dan bagaimana kondisinya di Indonesia? Berikut ini adalah ulasannya.

Apa itu Fintech?

Fintech merupakan singkatan dari 2 kata yaitu financial dan technology. Sesuai dengan 2 kata ini Fintech diidentifikasi sebagai sebuah layanan keuangan yang berbasis teknologi. Dengan adanya Fintech ini, maka layanan service keuangan menjadi hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Layanan tersebut antara lain adalah layanan yang berhubungan dengan produk-produk keuangan baik seperti asuransi, investasi dan juga kegiatan banking pada umumnya.

Kata Fintech memang belum banyak didengar secara umum akan tetapi untuk Fintech Indonesia sendiri sesungguhnya sudah sangat berkembang. Bahkan saat ini sudah mencapai ke level berbeda tentunya memiliki kelebihan dan juga kelemahannya sendiri.

Contoh dari Fintech

Lalu apa saja contoh dari Fintech ini? Untuk contohnya sesungguhnya sangat mudah. Semua hal yang berhubungan dengan keuangan dan yang memanfaatkan teknologi sangat bisa menjadi contoh dari penggunaan Fintech salah satu hal simpel yang menjadi contoh dari keberadaan Fintech adalah mengenai layanan e-banking, SMS Banking dan lain-lainnya. Contoh ini merupakan contoh mudah penggunaan Fintech secara sederhana.

Dengan keberadaan Fintech ini penggunaan dana di akun bank atau penyimpanan anda menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Hal ini disebabkan karena anda dapat menghubungkan ponsel atau perangkat digital lain yang anda miliki supaya dapat melakukan akses ke akun penyimpanan anda. Hal ini menyebabkan gadget anda dapat berperilaku sebagai dompet digital anda. Dengan keberadaan Fintech Indonesia ini. Sangat menguntungkan bukan?

Perkembangan dari Fintech Indonesia

Dalam perkembangannya Fintech di Indonesia saat ini memang sudah sangat besar. Dahulu banyak orang lebih percaya dengan layanan dari perusahaan yang lebih besar dan lebih terpercaya. Saat ini kebutuhan orang sudah banyak bergeser. Awalnya konsumen membutuhkan layanan dari perusahaan yang memiliki tingkat kepercayaan tinggi, saat ini lebih banyak orang yang mencari layanan yang lebih cepat dan juga lebih responsif sehingga kegiatan yang mereka lakukan menjadi lebih mudah untuk dijalankan.

Pada masa serba teknologi ini memang lebih banyak orang yang lebih terbuka pikirannya sehingga cara-cara lama yang konvensional ditinggalkan dan lebih memilih cara baru yang terpercaya dan lebih cepat. Kini anda bisa melihat ada banyak sekali perusahaan Fintech yang bertumbuh dengan pesat di Indonesia, jenisnya pun ada sangat banyak. Mulai dari perusahaan Fintech untuk pembiayaan online. Perusahaan Fintech untuk pembayaran online bahkan perusahaan pegadaian online saat ini sudah sangat mudah ditemukan di Indonesia.

Lalu bagaimana masa depan dari Fintech Indonesia? Jika perusahaan Fintech memang makin tepercaya dan makin kuat posisinya, mungkin keberadaan bank-bank konvensional yang tidak ikut berkembang akan mulai kehilangan akarnya dan bahkan menghilang dari bisnis keuangan di Indonesia.

Baca Juga : Fintech Mampu Dongkrak Pertumbuhan Pembiayaan di Indonesia

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.