All for Joomla All for Webmasters

Inilah Pengertian dan Ciri-Ciri Head Hunter Indonesia

Layanan yang sekarang mulai ramai dipakai oleh semua perusahaan di Indonesia ialah head hunter Indonesia. Head hunter merupakan jalan pintas terbaik untuk mereka yang hendak mendapatkan kandidat sebagai calon pegawai terbaik guna mendapatkan posisi yang diharapkan. Sebelum membahas lebih dalam tentang apa saja head hunter Indonesia, ada baiknya Anda pahami lebih dulu apa itu head hunter.

Head hunter adalah sebuah perusahaan, lembaga, organisasi, atau perorangan yang mencari, memilih, dan memberika tempat bagi orang yang memiliki kualifikasi atau professional di sebuah posisi dalam perusahaan. Head hunter ialah lembaga rekruter yang mencari talenta terbaik untuk memenuhi lowongan ekslusif di perusahaan-perusahaan dalam posisi tertentu.

Head hunter dalam arti singkatnya ialah jasa pencarian eksekutif, seperti posisi untuk manager bahkan tenaga kerja di segmen tertentu yang seringkali berada pada tingkat manajemen menengah sampai level senior atau expert. Karena perannya yang berguna untuk mencari kandidat terbaik bagi perusahaan yang bekerja sama, perusahaan head hunter Indonesia mempunya ciri-ciri tertentu yang memperlihatkan bahwa diri mereka dapat diandalkan dalam menggali seorang professional atau senior eksekutif.

Berikut ini adalah ciri-ciri head hunter Indonesia yang dapat terpercaya :

  1. Memiliki rekam jejak yang bagus dalam berhubungan demi mencapai kesepakatan dan tidak sedikit direkomendasikan oleh perusahaan-perusahaan lain.
  2. Memiliki portofoio dan bisa menceritakan sekian banyak kasus dalam proses merekrut tenaga kerja di setiap segmen pasar industri yang pernah di handle.
  3. Jaringan relasi yang luas dengan artian mempunyai dataase kandidat yang sudah bergabung.
  4. Memiliki situs resmi dan akun-akun di media sosial lain sebagai penghubung selain kantor offline.
  5. Head huntr tidak bakal menawarkan layanan ‘pelicin’ atau meminta banyak uang tertentu sebagai janji mereka kepada perusahaan untuk mendapatkan kandidat yang bakal lolos dan diterima bekerja di perusahaan tertentu.

Karena tanggung jawabnya yang begitu besar untuk mengejar dan merekomendasikan kandidat dengan kemahiran spesifik untuk posisi seperti manager, chief, head office atau posisi lainnya di perusahan, tidak heran andai perusahaan head hunter Indonesia masih terbillang sedikit namun tentunya banyak juga yang sudah berpengalaman lebih dari 2 dekade, salah satunya adalah head hunter indonesia Tempindo Jasatama. Cukup banyak pula yang menyerahkan proses head hunter ialah perusahaan yang berdiri dan berkembang di luar neger seperti Kelly Services, Boyden, Michael Page, JAC Recruitment, RGF HR Agent, dan Robert Walters.

Lalu bagaimana cara kerja head hunter itu sendiri?

Setelah mendapatkan sebuah permintaan kandidat dari klien, sebelum memutuskan mana kandidat yang pas untuk dipilih, perusahaan head hunter Indonesia akan menggali informasi sedalam mungkin tentang hal terkait kualifikasi kebutuhan skill ekslusif yang diharapkan. Semua persiapan tersebut dilaksanakan demi memilih orang yang tepat supaya perusahaan klien mengumpulkan kandidat yang lebih sedikit untuk diseleksi. Karena tujuan dari penggunaan jasa head hunter ialah untuk mengejar kandidat yang benar-benar sesuai dan dapat memberikan perkembangan dan keuntungan dalam perusahaan.

Baca Juga : Keuntungan Menggunakan Jasa Head Hunter Bagi Perusahaan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.