All for Joomla All for Webmasters

Penyebab & Dampak Bahaya Gigi Berlubang Tanpa Kita Ketahui

Gigi Berlubang

Gigi berlubang merupakan salah satu penyakit gigi yang dapat menyerang siapapun termasuk anak-anak maupun orang dewasa. Gigi dapat menjadi berlubang karena tidak terjaga kebersihan gigi sehingga membuat kuman dan bakteri betah untuk berada di area gigi. Namun tidak hanya itu saja yang dapat menyebabkan adanya lubang pada gigi, masih banyak faktor-faktor lainnya. Jika dibiarkan akan menimbulkan dampak yang bahaya bagi kesehatan gigi ataupun gusi.

Penyebab gigi berlubang

Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan gigi berlubang, antara lain :

  • Plak pada gigi

Plak merupakan lapisan tipis yang melapisi bagian gigi yang memiliki kandungan mikroorganisme yang dapat berdampak baik dan buruk. Jika terlalu banyak kandungan asam pada plak dapat mengurangi mineral gigi sehingga terjadi erosi dan membuat lubang pada gigi.

  • Kebersihan mulut / gigi

Kebersihan mulut / gigi dapat dilihat dari kebiasaan menyikat gigi, jika tidak rutin melakukan sikat gigi minimal dua kali sehari, maka kemungkinan akan membuat lubang pada gigi.

  • Pola makan

Gigi dapat rusak atau timbul lubang kemungkinan bisa disebabkan karena pola makan. Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat dapat merusak gigi.

  • Merokok

Rokok memiliki kandungan tembakau yang dapat mengganggu terbentuknya air liur, sehingga membuat permukaan gigi tidak terjaga dengan baik.

  • Mengonsumsi alkohol

Kandungan pada minuman beralkohol dapat merusak enamel gigi, sehingga timbul lubang.

Sakit gigi berlubang bisa anda atasi dengan datang ke klinik gigi terdekat dan pilihlah dokter yang sesuai dengan anda suka.

Dampak dari gigi berlubang 

Dilihat dari beberapa penyebabnya, tentu dapat membantu seseorang untuk menghindarinya, akan tetapi bagi yang sudah mengalami gigi berlubang sebaiknya segera lakukan tindakan, jika tidak maka akan menimbulkan dampak yang berbahaya, antara lain :

  • Infeksi pembuluh darah

Gigi yang berlubang dapat menyebabkan infeksi pembuluh darah, sehingga akan mengganggu kelancaran dari peredaran darah

  • Gangguan saraf gigi

Lubang pada gigi akan menyebabkan gangguan saraf gigi sehingga menyebabkan saraf gigi mati dan menimbulkan rasa nyeri.

  • Komplikasi / kematian

Gigi yang sudah mengalami kerusakan parah dan didiamkan saja maka dapat terjadi gangguan atau komplikasi pada organ lain, seperti kanker dan tumor yang dapat menimbulkan kematian.

Jika anda mengalami hal seperti diatas segera anda datang ke  terdekat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.