sari roti gandum

sari roti gandum

www.myceisonline.com – Roti telah dikenal sebagai salah satu makanan pokok di dunia selain nasi. Bagi masyarakat Indonesia, roti biasanya dijadikan makanan pengganti nasi atau dikonsumsi sebagai cemilan sehari-hari. Di pasar sendiri ada banyak macam pilihan roti seperti roti tawar, roti manis, dan roti isi. Selain jenisnya, bahan baku pembuat roti pun beragam dan bisa dilihat pada label yang ada pada kemasan roti. Ada roti yang mengandung vitamin tertentu, terbuat dari gandum, atau terbuat dari gandum utuh. Agar kesehatan kita tetap terjaga saat mengonsumsi roti, baiknya kita cermat mengetahui roti mana yang aman dan sehat. Seperti produk yang satu ini sangat terkenal di indonesia yaitu sari roti, Dibawah ini tiga hal mengapa sari roti adalah makan sehat :

  1. Terbuat dari gandum utuh

Roti yang baik untuk kesehatan tubuh adalah roti yang terbuat dari 100% gandum utuh. Meskipun terasa kurang nikmat karena roti gandum biasanya lebih keras dan kasar dari roti putih biasanya, tapi roti gandum sangat sehat karena mengandung banyak serat, protein, vitamin dan mineral yang bisa membantu proses pencernaan menjadi lebih lancar. Pilihlah roti yang bertuliskan whole wheat atau gandum utuh pada label kemasan roti. Selain roti gandum, kita juga bisa mengonsumsi roti yang terbuat dari biji-bijian utuh seperti roti yang terbuat dari barley, beras merah, atau rami dengan rasa yang berbeda. Meskipun rasanya berbeda, namun biji-bijian utuh mempunyai kandungan nutrisi yang sama seperti gandum utuh.

  1. Kandungan serat yang besar

Biasanya orang mengonsumsi roti sebagai pengganti nasi atau sebagai cemilan agar perut tetap kenyang. Untuk membuat perut tetap kenyang, diperlukan jumlah serat yang cukup dan karena itulah roti dengan kandungan serat yang cukup adalah pilihan yang tepat. Perut yang tetap kenyang juga baik untuk orang yang sedang dalam keadaan diet. Diet dengan mengonsumsi roti gandum atau biji-bijian utuh akan membuat perut cepat kenyang dan jug akenyang lebih lama. Selain membuat perut cepat kenyang dan kenyang lebih lama, kandungan serat pun baik untuk menjaga kesehatan usus. Serat akan membantu gerakan usus sehingga proses pencernaan pun akan lebih lancar.

  1. Terhindar dari bahan kimia

Bahan kimia biasanya terkandung di dalam pewarna buatan, bahan perasa, serta bahan pengawet. Roti yang tidak mengandung rasa buatan, bahan pewarna, dan juga pengawet tentunya akan lebih sehat. Bahan baku yang perlu dihindari yang bisa dilihat dalam label kemasan roti adalah lemak trans dan sirup jagung fruktosa. Semakin sedikit bahan baku yang digunakan, biasanya roti akan semakin sehat karena benar-benar terbuat dari gandum utuh atau biji-bijan utuh. Selain itu, roti yang masa kedaluarsanya lebih singkat juga biasanya tidak mengandung bahan pengawet. Berbeda dengan sari roti yang tahan lama biasanya menggunakan banyak bahan pengawet.

Roti gandum memang kunci dalam memilih roti yang baik untuk kesehatan tubuh. Gandum pun tidak sembarang gandum karena gandum yang digunakan dalam proses pembuatan roti haruslah 100 persen gandum agar serat, protein, dan mineral yang terkandung di dalam gandum bisa didapatkan oleh tubuh dengan maksimal. Perhatikan juga kandungan serat yang dikandung roti agar perut cepat kenyang dan kenyang lebih lama, serta kesehatan usus dan pencernaan akan lebih terjaga. Ingat untuk selalu cek label pada kemasan roti sebelum membeli, karena di dalam table tersebut biasanya terdapat kandungan gizi yang ada pada roti. Selain itu juga hindari membeli roti yang mengandung pewarna buatan, bahan perasa, serta bahan pengawet.