All for Joomla All for Webmasters

Aman dan Terstandarisasi, Ini Gambaran Prosedur Perawatan Gigi di Klinik Gigi  

Perawatan gigi itu memang penting dan Anda bisa melakukannya di berbagai instansi kesehatan. Mulai dari puskesmas, rumah sakit maupun klinik gigi. Mengunjungi klinik gigi biasanya lebih dipilih oleh kebanyakan orang untuk merawat giginya. Disamping biayanya yang terjangkau, prosedur perawatan gigi di klinik gigi juga dilakukan oleh dokter profesional. Berikut ini adalah deskripsi bagaimana seorang dokter gigi melakukan perawatan pasien di klinik gigi.

Prosedur Perawatan Gigi di Klinik Gigi

Melakukan pemeriksaan gigi secara rutin ke klinik gigi memang penting. Intensitas pemeriksaan gigi yang disarankan untuk Anda adalah dilakukan setiap 6 bulan sekali. Pada waktu Anda menjalani pemeriksaan, dokter akan mengecek kondisi gigi secara keseluruhan. Apakah gigi Anda mengalami masalah seperti adanya lubang, patah, retak, tambalan yang rusak, plak maupun karang gigi.

Apabila ternyata hasil pemeriksaan menunjukkan adanya plak dan karang gigi, maka dokter akan segera menanganinya. Ini dikarenakan plak serta karang gigi merupakan sumber infeksi pada rongga mulut sehingga bila kondisinya cukup parah tentu harus dibersihkan. Selain itu, dokter juga akan menilai seberapa tinggi resiko Anda mengalami gigi berlubang.

Kemudian, dokter juga akan memeriksa posisi gigi bungsu yang tumbuh miring atau lajur susunannya berantakan. Apabila setelah diperiksa dokter masih membutuhkan gambaran penunjang, maka rencana selanjutnya yang ditawarkan olehnya adalah rontgen gigi. Agar memperoleh hasil terbaik sebaiknya Anda menyetujui rencana dokter gigi tersebut.

Disamping melakukan pemeriksaan terhadap gigi, dokter juga akan memeriksa jaringan pendukung kesehatan gigi. Diantaranya adalah lidah, langit-langit hingga bagian persendian rahang. Apabila saat memeriksa dokter menemukan masalah pada jaringan pendukung, maka semuanya akan diperiksa. Masalah yang umumnya muncul adalah gusi berdarah, bengkak, turun dan gigi goyang. Setelah diperiksa, maka masalah ini akan ditangani secara cepat dan tepat.

Dokter di klinik gigi juga akan mengecek seberapa baik Anda dalam merawat kesehatan gigi. Pada tahap ini, dokter biasanya akan memberikan edukasi mengenai cara menggosok gigi yang baik dan benar kepada Anda. Tidak hanya itu, Ia juga akan memberi tahu jenis perawatan lainnya yang diperlukan untuk menjaga kesehatan gigi.

Ketika melakukan perawatan di klinik gigi, Anda juga akan ditanya oleh dokter mengenani beberapa hal. Seperti pola dan jenis makanan, kebiasaan merokok hingga parafungsi. Parafungsi adalah kebiasaan yang bisa berdampak buruk bagi gigi. Misalnya menggigit pensil, kuku, menggertakan rahang dan juga gigi.

Menjaga agar gigi tetap sehat adalah suatu kewajiban yang harus Anda lakukan. Ini dikarenakan merawat kesehatan gigi tentu lebih baik daripada melakukan pengobatan. Alasannya sederhana karena biaya pengobatan gigi di Indonesia sendiri tidaklah murah. Dengan demikian, ketika Anda menyadari pentingnya menjaga kesehatan gigi, maka secara otomatis menghemat pengeluaran.

Perawatan Gigi di Rumah yang Disarankan oleh Dokter

  1. Biasakan untuk menyikat gigi dua kali sehari dengan menggunakan pasta gigi berfluoride. Waktu ideal untuk menyikat gigi Anda adalah di pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Lakukan selama kurang lebih 2 menit dan pastikan seluruh permukaan gigi telah tersikat secara menyeluruh.
  2. Apabila Anda beresiko tinggi mengalami gigi berlubang, maka bisa menggunakan zat fluoride untuk berkumur. Sementara itu, jika Anda memiliki resiko tinggi terkena penyakit gusi gunakanlah obat kumur anti mikroba sesuai dengan anjuran dokter.
  3. Berkumur dengan obat kumur untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Pilihlah obat kumur yang tidak mengandung alkohol. Selain itu, Anda juga tidak diperbolehkan untuk menggunakan obat kumur 2 minggu berturut-turut.

Opsi terbaik yang dapat Anda pilih untuk melakukan perawatan gigi adalah dengan datang ke klinik gigi. Pada umumnya, dokter gigi yang membuka praktek di klinik itu berkualitas karena sudah terstandarisasi. Jadi, prosedur perawatan gigi di klinik gigi yang dilakukan oleh dokter akan lebih optimal. Dampak positifnya adalah kesehatan gigi Anda tetap terjaga dengan baik.

baca juga : Klinik Gigi Vs Rumah Sakit, Mana yang Lebih Baik?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.