All for Joomla All for Webmasters

Keunggulan POS System Indonesia dan Perbedaannya dengan Mesin Kasir

Keunggulan POS system Indonesia – Dalam dunia bisnis ritel, tentu kita sudah tidak asing lagi dengan proses transaksi dan urusan pengelolaan keuangan. Dan umumnya untuk mengurus seluruh hal itu para pelaku usaha menggunakan software Point of Sales atau disingkat POS system.

Dengan program ini, seluruh proses akan dilakukan secara otomatis dengan sistem yang sudah terintegrasi. Sehingga proses transaksi mulai dari input harga barang hingga penghitungan jumlah transaksi dan laporan keuangan bisa dilakukan hanya dengan satu sistem tersebut. Selain itu, masih ada beberapa keunggulan lain dari sistem POS ini. Dan berikut kami berikan informasi seputar keunggulan POS system Indonesia beserta kelebihan dan kelemahannya.

Keunggulan Sistem Point of Sales

  1. Fleksibel untuk Berbagai Kebutuhan

Berbeda dengan mesin kasir, sistem POS ini bisa Anda hubungkan dengan komputer, laptop, atau bahkan tablet dan smartphone. Sehingga perannya jauh lebih fleksibel dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Saat ini pun para pengguna sistem POS ada dari berbagai kalangan pengusaha, mulai dari toko ritel, restauran, perhotelan, dan lain-lainnya.

  1. Mengelola Toko Online

Jika dulu orang-orang mengenal sistem POS sebagai alat pengelolaan transaksi offline atau di toko secara langsung, maka sekarang sistem ini juga sudah mengikuti perkembangan zaman. Anda bisa menggunakan sistem POS untuk mengelola setiap transaksi dari toko online. Untuk seluruh proses input harga, potongan diskon, hingga proses checkout dan refund juga bisa dilakukan sehingga menjadi sangat praktis.

  1. Cepat dan Akurat

Jika menggunakan mesin kasir, maka Anda memerlukan tenaga karyawan untuk membuat laporan hasil penjualan. Dan hal itu pastinya sangat menguras tenaga dan waktu. Namun dengan sistem ini, semua bentuk laporan hasil penjualan sudah dibuat secara otomatis dan hasilnya pun sangat cepat serta akurat.

  1. Keamanan Data

Dalam dunia digital pastinya keamanan data menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Sistem POS juga sudah memiliki database cloud sendiri yang bisa diakses secara online menggunakan username Anda.

  1. Mengelola Beberapa Toko Sekaligus

Satu sistem POS bisa Anda koneksikan dengan beberapa toko sekaligus. Sehingga untuk memantau stok barang dan melihat trafik penjualan akan menjadi lebih mudah. Anda cukup mengakses semua informasi tersebut dari smartphone atau laptop pribadi.

Perbedaan Sistem Point of Sales dengan Mesin Kasir

Dari beberapa keunggulan di atas, tentunya kita sudah bisa menyimpulkan beberapa perbedaan antara sistem POS dengan mesin kasir. Salah satu perbedaan yang paling jelas terlihat adalah, sistem POS mampu melakukan berbagai hal, mulai dari penginputan harga barang hingga penghitungan profit hasil penjualan dalam bentuk laporan.

Sedangkan pada mesin kasir, kita hanya bisa memasukkan kode barang dan harganya, lalu melayani proses transaksi dengan penghitungan yang cepat. Sedangkan untuk urusan manajemen data lainnya, dibutuhkan tenaga profesional lain sehingga sangat menguras waktu dan pastinya kurang efisien.

Kesimpulan Sistem Point of Sales

Dalam menjalani bisnis di era digital, kita dituntut untuk bisa bergerak lebih cepat dan efisien. Sehingga penggunaan teknologi informasi yang bisa membantu kemajuan usaha sangat dibutuhkan. Oleh karena itu bagi Anda para pelaku bisnis, baik itu bisnis kecil maupun menengah, sebaiknya menggunakan software POS demi kelancaran bisnis. Dan pastinya, harga yang dikeluarkan jauh lebih murah daripada harus menambah karyawan untuk mengurus bagian manajemen keuangan dan transaksi.

Nah, demikianlah beberapa ulasan yang bisa kami bagikan seputar keunggulan POS system Indonesia beserta perbedaannya dengan mesin kasir. Semoga bermanfaat!

BACA JUGA : 4 Kelebihan Payroll Software Indonesia.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.