All for Joomla All for Webmasters

7 Cara Merawat DOC Ayam Petelur yang Benar

Cara Merawat DOC Ayam

DOC ayam petelur membutuhkan perawatan dan perhatian khusus. Jika tidak dirawat dengan baik akan menyebabkan DOC ayam tersebut tidak bisa survive atau bertahan hidup. Untuk bisa bertahan hidup dan memiliki daya survive yang tinggi, bibit ayam petelur harus berkualitas. Peternak tidak bisa membeli DOC tanpa grade yang mana akan meningkatkan angka kematiannya. Bibit yang sudah berkualitas bisa semakin berkualitas jika pemeliharaannya selama di peternakan baik dan benar, begitu pula sebaliknya jika DOC ayam sudah berkualitas namun pemeliharaannya tidak baik dan benar akan menyebabkan kualitasnya menjadi menurun.

Merawat DOC Ayam Petelur dengan Benar

Merawat DOC ayam petelur ini menjadi salah satu kunci kesuksesan peternakan ayam. Jangan harap peternakan bisa sukses atau berjalan sesuai dengan yang diharapkan jika merawat DOCnya tidak benar. Berikut ini adalah cara merawat DOC ayam petelur yang wajib dilakukan peternak:

Kandang yang Ideal

Hal pertama yang harus dilakukan peternak memberikannya kandang yang ideal. Kandang ini menjadi salah satu syarat kesuksesan perawatan DOC ayam petelur. Tanpa adanya kandang yang ideal akan membuat DOC ayam tersebut tidak bisa bertahan hidup. Kandang ideal bagi DOC adalah yang tidak membuat banyak angin masuk. Jika banyak angin yang masuk bisa menyebabkan DOC mudah terkena penyakit.

Penghangat dan Cahaya

DOC masih membutuhkan cahaya dan penghangat, hal itu dikarenakan suhu tubuhnya belum bisa menyesuaikan diri. Tidak hanya itu saja bulu DOC yang masih tipis membuatnya tidak tahan dengan hawa dingin. Oleh sebab itulah penghangat ini dibutuhkan. Cahaya pun dibutuhkan untuk membuat pandangan di malam hari jauh lebih baik. Kandang yang minim cahaya akan membuat tikus dan kucing menjadikan DOC ayam tersebut sebagai mangsa.

Baca juga : 3 Cara Ternak Ayam Potong Pemula yang Penting Diketahui

Vitamin

Cara merawat DOC ayam petelur yang wajib diperhatikan adalah pemberian vitamin. Sifat dari ayam petelur ini memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap manusia sehingga jika peternak tidak telaten dan terampil DOC ini akan banyak yang mati. Supaya DOC atau bibit ayam petelur tersebut tidak banyak yang mati peternak harus memberikan vitamin yang mana akan membuat sistem imun DOC tersebut menjadi meningkat. Bibit yang diberikan vitamin akan lebih sehat dibandingkan yang tidak diberikan samasekali.

Pakan

Cara merawat DOC ayam petelur selanjutnya pemberian ransum pakan. Ransum yang bernutrisi tinggi diperlukan bagi tumbuh dan kembang DOC tersebut. Untuk membuat tubuh DOC menjadi lebih sehat peternak harus tahu nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh DOC tersebut, jangan sampai ada nutrisi yang terlewatkan oleh peternak.

Minum yang cukup

Cara memelihara DOC yang penting diperhatikan adalah pemberian minum yang cukup. Tidak memberikan minum secara teratur akan menyebabkan nutrisi tidak bisa diserap secara sempurna.

Vaksin

Meski masih DOC tetap harus diberikan vaksin. Vaksin ini bisa dicampurkan dengan minuman sehingga tidak perlu disuntikkan. Fungsi dari vaksin ini untuk menghindarkan ayam petelur dari berbagai macam penyakit yang bisa membahayakan bahkan berakibat ke kematian ayam.

Probiotik

Tingginya harga pakan bisa menyebabkan biaya operasional di dalam peternakan menjadi tinggi. Peternak bisa mengakalinya dengan memberikan probiotik. Probiotik ini bisa digunakan sebagai penekan biaya pakan karena saluran pencernaan bisa dimanfaatkan secara maksimal. Probiotik ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan kebebalan tubuh ayam dan menghindarkannya dari berbagai macam penyakit.

Untuk memastikan perawatan yang dilakukan selama ini sudah benar timbanglah DOC ayam secara berkala. Jika berat DOC di bawah normal, maka evaluasi kembali cara merawat DOC ayam petelur yang selama ini dilakukan apakah sudah benar atau masih memerlukan beberapa perbaikan.

Baca juga : 6 Ciri DOC Ayam Petelur yang Harus Anda Tahu

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.