All for Joomla All for Webmasters

4 Tips Memilih Hewan Peliharaan untuk Anak yang Tepat

Anak harus diajarkan menyayangi hewan peliharaan sejak dini. Dengan menyayangi hewan tersebut rasa cinta kasih terhadap makhluk hidup lainnya akan muncul. Anda juga bisa mengajarkan anak bertanggung jawab terhadap hewan yang dipelihara seperti memberikan makan, mengajak bermain, dan lain sebagainya. Meski begitu tidak semua hewan ini cocok untuk anak-anak. Karena ada hewan yang sifatnya agresif sehingga akan membuat anak ketakutan ketika berada di dekat mereka. Oleh sebab itu Anda yang ingin membeli hewan untuk dipelihara anak ini harus memperhatikan beberapa tips terlebih dahulu. Dengan memperhatikan tips tersebut Anda akan bisa menemukan hewan peliharaan yang tepat. Berikut adalah tipsnya:

 

Perhatikan Kesehatan Anak

Tips memilih hewan yang cocok untuk anak pertama adalah perhatikan kesehatan anak terlebih dahulu. Kondisi anak satu dengan yang lainnya ini berbeda sehingga penting bagi Anda untuk menemukan hewan yang sesuai dengan kondisi kesehatan anak. Jika anak tidak memiliki kondisi medis tertentu maka semua hewan peliharaan cocok untuk dipelihara. Untuk anak yang memiliki alergi maka hindari hewan yang bisa memicu alerginya tersebut kambuh. Misalnya saja adalah anak memiliki alergi bulu, ketika melihat bulu atau terkena bulu akan bersin, maka jangan memelihara hewan berbulu di rumah. Jika memiliki asma atau gangguan pernapasan  penting untuk tidak memilih hewan dengan bau khas yang menyengat.

Jinak

Tips memilih hewan yang dipelihara selanjutnya adalah pilihlah yang jinak. Hewan jinak ini penting diperhatikan alasannya adalah hewan yang agresif sangat tidak disarankan dipelihara oleh anak. Hewan yang agresif ini akan bertindak agresif ketika ada hal yang kurang menyenangkan terjadi pada mereka, selain itu ketika hewan tersebut merasa sedang dalam bahaya mereka tidak jarang akan melukai seperti mencakar bahkan menggigit. Tentu hal ini tidak bagus untuk anak. Anda bisa memilih hewan yang penurut sehingga bisa memenuhi instruksi dengan baik.

Sehat

Pilih yang sehat. Anda bisa mengecek kondisi fisik hewan yang akan dipelihara pastikan mereka dalam kondisi sehat. Jika tidak dalam kondisi sehat mereka akan mudah menularkan penyakit berbahaya kepada anak-anak Anda. Untuk mendapatkan hewan sehat Anda bisa membelinya di toko hewan yang terpercaya dan memiliki kredibilitas baik.

Vaksinasi

Jika Anda membeli hewan di pemiliknya langsung tidak melalui toko hewan yang bisa Anda lakukan adalah cek riwayat kesehatan hewan tersebut apakah sudah mendapatkan vaksinasi yang lengkap, selain itu bagaimana dengan catatan kesehatannya, sering atau tidak di bawa ke dokter untuk periksa, dan lain sebagainya. Dengan melihat catatan vaksinasi dan riwayat kesehatannya ini Anda jadi tahu seberapa sehat hewan yang akan Anda pelihara bersama dengan anak-anak Anda. Hewan yang sering diajak check up ke dokter akan lebih sehat dan terawat dibandingkan dengan yang tidak samasekali.

 

Demikianlah tips memilih hewan peliharaan yang aman untuk anak, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Artikel Lainnya:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.