All for Joomla All for Webmasters

4 Makanan Ini Tidak Cocok Dijadikan Pakan Burung

Pakan burung – Burung menjadi hewan yang banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Selain karena hobi, burung ini dipelihara karena bisa dijadikan sebagai penambah prestise mengingat saat ini banyak ajang pertandingan yang bisa diikuti oleh para kicau mania. Tidak mengherankan jika saat ini banyak yang berlomba-lomba untuk membuat burung peliharaan mereka ini memiliki performa yang bagus. Agar bisa menciptakan performa yang bagus Anda bisa memberikan pakan yang seimbang untuk burung peliharaan Anda.

Pakan yang seimbang bisa tercipta jika Anda memberikan pakan buatan dan juga alami dengan porsi yang sama.  Selain itu yang penting Anda perhatikan adalah ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh diberikan karena menyebabkan gangguan kesehatan, makanan tersebut juga tidak cocok dijadikan sebagai pakan burung. Simak beberapa makanan yang harus dihindari berikut ini:

 

Makanan dan Minuman Berkafein

Jenis makanan pertama yang harus dihindari adalah makanan dan minuman berkafein yang mana tidak bagus untuk kesehatan burung Anda. Memang efek makanan atau minuman ini sama dengan manusia yaitu bisa menyebabkan aritmia bahkan gagal jantung. Bedanya manusia bisa mentolerir kafein yang sedikit, sedangkan burung ini sama sekali tidak bisa menoleransi kafein dalam jumlah sedikit pun. Anda bisa memberikan minuman air putih dan menghindari makanan kemasan dengan rasa kafein.

Cokelat

Makanan manis cokelat ini memang banyak disukai oleh masyarakat namun cokelat ini tidak bagus untuk dijadikan sebagai makanan burung. Memang saat diberikan cokelat burung akan memakannya, namun setelah memakan cokelat tersebut burung akan mengalami gangguan pencernaan seperti diare bahkan disertai dengan muntah-muntah. Efek lainnya yang dirasakan oleh burung setelah memakan cokelat adalah detak jantung meningkat, gemetar, dan kejang. Jika Anda membutuhkan makanan pendamping Anda bisa memberikan buah dengan cita rasa yang manis seperti mangga, anggur, dan juga melon.

Alpukat

Burung memang harus diberikan serat untuk membuat organ pencernaannya lancar. Salah satu serat yang bisa Anda berikan adalah serat dari buah. Buah yang tidak bisa dijadikan sebagai pakan burung adalah alpukat. Alpukat sebenarnya memiliki manfaat yang banyak jika dikonsumsi manusia. Pemberian buah alpukat ke burung hanya akan menyebabkan burung menjadi lemas, kesulitan napas, bahkan bisa mengalami kematian.

Garam

Pakan yang Anda berikan kepada burung ada baiknya terbebas dari garam. Hal itu dikarenakan garam menjadi bumbu yang tidak bagus untuk kesehatan burung peliharaan Anda. Garam hanya akan membuat keseimbangan cairan burung menjadi menurun. Burung akan selalu haus dan mudah terkena dehidrasi. Tidak hanya itu saja burung bisa mengalami kegagalan ginjal saat sering diberikan makanan mengandung garam ini.

 

Hindarilah beberapa makanan burung yang telah disebutkan di atas untuk membuat performa burung peliharaan Anda maksimal, terutama jika burung Anda tersebut akan dipertandingkan. Menghindari pakan burung tersebut akan membuat kicau burung Anda maksimal dan tetap fit sampai pertandingan tiba.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.