All for Joomla All for Webmasters

Perbedaan Dari Speaker Aktif Dan Pasif Sebagai Bagian Dari Sound System

Dalam mencari peralatan sound system, tidak jarang pembeli dibingungkan dengan segenap perangkat yang tersedia. Produk apa yang harus dibeli? Produk manakah yang lebih baik? dan apa yang harus dipilih terlebih dahulu? Hal ini kerap kali terjadi karena banyaknya pilihan yang tersedia, tidak terkecuali tentang speaker. Apakah speaker aktif atau pasif? Berikut perbedaan yang perlu Anda ketahui sebelum belanja di tempat audio sound system.

 

4 Perbedaan Utama Dari Speaker Aktif Dan Pasif

speaker

1. Penguat Suara Di Dalam Speaker

Yang pertama dan yang paling banyak diketahui adalah adanya sistem penguat suara yang disematkan dalam sepakar aktif. Pada speaker aktif sudah terdapat amplifier, sub woofer, woofer, dan tweeter untuk hasil suara yang jernih. Sayangnya hal ini tidak ditemukan di speaker pasif. Tidak adanya amplifier membuat speaker pasif butuh tatanan peralatan suara yang lebih kompleks, seperti perangkat sound system lengkap power amplifier, equalizer, dll.

 

2. Perbedaan Daya Untuk Speaker

Dari penjelasan sebelumnya, Anda mungkin bisa tahu bagaimana daya yang dibutuhkan. Untuk jalankan amplifier yang ada di dalam speaker aktif, maka perlu aliran listrik dan kabel yang stabil. Untungnya speaker aktif butuh daya listrik yang bervariasi. Karena itu lebih baik Anda bertanya pada tempat jual sound system tentang spesifikasinya. Sebaliknya, speaker pasif perlu daya lebih besar untuk menyesuaikan semua output dan peralatan yang digunakan.

 

3. Penggunaan dan Suara yang Dihasilkan Speaker

Speaker aktif lebih banyak digunakan di rumahan atau digunakan pada kehidupan sehari – hari. Hal ini dikarenakan kemudahan dan juga kemampuan speaker itu sendiri. Anda tidak perlu peralatan kompleks atau system yang lengkap, karena speaker ini bisa digunakan hanya dengan daya listrik. Sayangnya, speaker aktif yang dayanya lebih kecil tidak bisa beri suara yang lantang. Karena itu, untuk outdoor akan lebih disarankan menggunakan speaker pasif.

 

4. Pengaturan Suara Speaker

Karena bukan merupakan bagian sound system yang kompleks, speaker aktif hanya memiliki pengaturan suara yang terbatas. Kerap kali ukuran besar dan kecil suara sudah diatur oleh pabrik, sehingga skalanya pun terbatas. Tapi speaker pasif akan lebih leluasa untuk diatur. Toko jual sound system akan menjelaskan bahwa speaker pasif jumlahnya bisa dikurangi atau ditambah. Hal ini dilakukan untuk menambah kualitas suara dan kelantangan output dari speaker.

Bisa dikatakan bahwa kedua speaker tersebut berbeda dalam hal daya dan penggunaan. Baik aktif dan pasif, memiliki kelebihan dan kekurangan yang berpengaruh pada kemungkinan penggunaan. Karena itu akan lebih baik jika Anda cek terlebih dahulu informasi mengenai produk yang ingin dibeli. Goshen Swara Indonesia salah satu distributor sound system di Indonesia. Kunjungi situs resminya untuk informasi produk dan penawaran terbaik.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.