All for Joomla All for Webmasters

Membangun Bisnis Jasa Pengiriman Cargo

Usaha jasa pengiriman atau ekspedisi barang akhir-akhir ini semakin populer dan booming di tanah air. Bisnis jasa ini paling dibutuhkan tidak sedikit orang seiring bertambahnya transaksi melakukan pembelian barang online atau jual beli di internet. Para pemakai jasa pengiriman saat ini tidak saja kalangan perorangan. Tapi pun kalangan perusahaan, instansi, dll. Berdasarkan fakta, bisnis jasa ekspedisi barang antar pulau dan propinsi sudah ada semenjak jaman dahulu sampai ketika ini. Hal tersebut memperlihatkan bahwa usaha pengiriman barang anti krisis dan tak pernah mati.

Analisa Usaha Pengiriman Barang

Sementara itu, yang menciptakan orang memilih memakai bisnis jasa ekspedisi barang antar pulau dan provinsi sebab kemudahan ekspedisi barang secara efisien, efektif dan singkat. Sehingga usaha jasa ekspedisi saat ini semakin populer, dibutuhkan tidak sedikit orang dan pantas untuk dijadikan bisnis yang paling menjanjikan.

Berikut ini adalah tips untuk membangun bisnis jasa pengiriman cargo antardaerah yang bisa Anda lakukan!

    1. Lokasi strategis

Dalam dunia bisnis, tempat usaha paling menilai keberhasilan suatu usaha tersebut. Begitupula dalam bisnis jasa pengiriman cargo antar pulau dan provinsi membutuhkan tempat usaha yang strategis. Jika kamu memutuskan membuka usaha jasa pengiriman maka pilihlah tempat usaha yang benar-benar strategis yang dekat dengan pangsa pasar yang ada. Selain, hal itu di wilayah tersebut tidak sedikit orang yang membutuhkan usaha jasa ekspedisi barang antar pulau dan provinsi, mudah dicari dan dijangkau orang. Misalnya tempat usaha yang cocok untuk bisnis jasa ekspedisi barang antar pulau dan provinsi yakni sekitar kampus, dekat sekolah, kantor dan sebagainya.

  1. Memilih jenis kendaraan transportasi

Untuk membuka bisnis jasa pengiriman cargo barang antar pulau dan provinsi tentu membutuhkan yang namanya sarana transportas pengangkutan dan ekspedisi barang. Bisa berupa mobil ataupun truk. Namun memuat daya tampung barang yang lebih banyak dan daya jangkau lebih luas maka sobat dapat menggunakan kendaraan truk besar.

Pendek kata, pemakaian kendaraan bermotor laksana mobil atau truk adalah hal mutlak dan modal utama dalam bisnis jasa ekspedisi barang antar pulau dan provinsi. Anda dapat membeli truk atau mobil di dealer terdekat sebelum membuka usaha jasa ekspedisi. Hal ini bertujuan agar bisnis jasa ekspedisi berjalan lancar, menguntungkan dan tidak menemui tidak sedikit hambatan dan tantangan di lapangan.

  1. Menjaga barang dengan baik

Sebagai bisnis yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman cargo, Anda mesti tahu kualitas pelayanan yang diberikan. Pastikan layanan yang diserahkan kepada konsumen paling memuaskan, terbaik dan ramah pembeli. Sehingga konsumen dapat menjadi pelanggan tetap bisnis jasa ekspedisi yang Anda jalankan. Jangan pernah membuat kecewa sedikitpun konsumen. Sebab konsumen ialah orang yang ikut memperbanyak usaha pengiriman. Salah satu urusan yang utama ialah menjaga barang konsumen hingga ke lokasi tujuan tanpa ada cacat sedikitpun.

  1. Tarif Pengiriman Barang Murah

Ada beragam pesaing atau kompetitor dalam menjalankan bisnis jasa barang antar pulau dan provinsi. Seperti PT Pos Indonesia, JNE, TIKI, Dakota Cargo, Mandala, dan tidak sedikit* lagi. Sehingga bisnis pengiriman Anda mesti siap berlomba dengan pemain lama yang telah mempunyai nama besar tersebut. Namun jangan takut bersaing. Anda dapat memenangkan kompetisi bisnis pengiriman ini. Salah satu metodenya dengan mengerjakan perang tarif. Dimana kamu memberikan tarif ongkos pengiriman barang antar pulau dan provinsi lebih murah dari kompetitor atau pesaing.

Baca Juga: 3 Alasan Kenapa Supply Chain Management Sangat Penting

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.