All for Joomla All for Webmasters

Inilah 4 Tanda Implementasi Software Akuntansi Bisnis Anda Sukses

Software akuntansi – Dunia akuntansi tak bisa lepas dari bisnis dalam bidang apapun, mulai dari industri rumahan, pabrik, hingga perusahaan skala kecil maupun besar sekalipun. Karena akuntansi merupakan tulang punggung atau dasar landasan dalam pengambilan keputusan agar bisnis tersebut dapat semakin berkembang.

Rumitnya laporan keuangan membuat risiko kesalahan karena faktor human error semakin meningkat. Kesalahan mungkin saja terjadi akibat perhitungan maupun pencatatan yang keliru. Untuk itu diperlukan adanya suatu sistem canggih yang dapat membantu kerja akuntan dalam membuat laporan keuangan, sistem tersebut adalah sistem akuntansi atau accounting software.Sistem akuntansi merupakan sebuah program komputer yang dirancang khusus untuk dapat membantu kerja akuntan dalam proses pembuatan jurnal akuntasi dan laporan keuangan.

Sistem akuntansi ini dapat memberikan beragam manfaat jika diimplementasikan dengan tepat. Lalu apa tanda-tanda implementasi sistem akuntansi berjalan sukses? Simak penjelasannya pada artikel di bawah ini!

1. Pengelolaan Laporan Menjadi Lebih Efisien dan Akurat

Membuat laporan keuangan dengan metode manual tentu memerlukan waktu yang cukup lama. Selain itu tingkat akurasinya pun rendah, sehingga risiko terjadi kesalahan pasti meningkat. Namun setelah menggunakan sistem akuntansi, pekerjaan yang berkaitan dengan akuntansi tentu dapat terselesaikan dengan cepat dan akurat.

2. Biaya Operasional Akan Semakin Mengecil

Dengan keberadaan software canggih yang dapat membantu pengelolaan keuangan ini tentu secara tidak langsung akan mengurangi jumlah tenaga ahli akuntansi dalam suatu perusahaan. Jika idealnya sebuah perusahaan membutuhkan paling tidak tiga orang akuntan guna mengatur laporan keuangan serta arus kas, dapat dipangkas menjadi dua atau bahkan satu orang akuntan saja. Dengan berkurangnya tenaga ahli yang sudah tergantikan oleh software akuntansi, anggaran yang harus dikeluarkan untuk menggaji karyawan pun menjadi berkurang.

3. Akses Informasi di Cabang Perusahaan Semakin Mudah

Pengelolaan keuangan pada suatu perusahaan yang memiliki banyak cabang cenderung lebih rumit dan sulit jika dibandingkan perusahaan yang tidak memiliki cabang. Namun jika perusahaan berhasil mengimplementasikan sistem akuntansi pada cabang perusahaan, maka perusahaan tak akan lagi merasa kerepotan mengelola keuangan. Hanya dengan satu komputer saja, sudah dapat mengakses keseluruhan cabang dengan sistem multi gudang.

4. Laporan Keuangan Dapat Disajikan Dengan Cepat

Laporan keuangan tentu tidak bisa disajikan secara cepat jika pengerjaannya menggunakan metode manual. Lain halnya dengan sistem akuntansi yang memungkinkan akuntan untuk dapat menyelesaikan dan menyajikan laporan keuangan dengan cepat. Data yang dihasilkan pun bersifat akurat, terukur, dan mudah disajikan sehingga dapat dimonitor atau dilakukan pengecekan sewaktu-waktu. Data yang disajikan pun sangat detail dan terperinci, sehingga efektif jika digunakan untuk penyusunan laporan keuangan eksternal dan internal perusahaan.

Demikianlah tanda implementasi software akuntansi bisnis Anda berjalan sukses. Jika poin-poin di atas belum tercapai, tak perlu khawatir karena memang diperlukan adaptasi dengan sistem akuntansi agar operasional perusahaan secepatnya dapat berjalan optimal.

Baca Juga:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.