All for Joomla All for Webmasters

Premi Asuransi Kesehatan Atau Tanggungan Wajib Setiap Bulan

Premi asuransi kesehatan terbaik

Premi asuransi kesehatan adalah sejumlah uang yang wajib dibayar oleh pihak tertanggung setiap bulannya. Berbicara soal asuransi kesehatan, saat ini banyak sekali yang menggunakannya. Selain sebagai perlindungan terhadap segala resiko kesehatan yang tidak terduga, asuransi tersebut bisa membantu meringankan beban nasabah. Besarnya biaya pergantian masing-masing perusahaan asuransi berbeda, tergantung premi dan ketentuan polis. Beberapa perusahaan asuransi memberikan pertanggungan lengkap pada persalinan, pengobatan mata, perawatan gigi dan rawat jalan. Sekarang sudah banyak insurance company yang bermunculan di Indonesia. Tapi, tidak usah khawatir Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan dan premi yang dibayarkan.

Baca juga : Macam-macam Asuransi Kesehatan di Indonesia

Saat hendak memilih asuransi kesehatan, ketahuilah apa saja kebutuhan Anda. Catat kembali riwayat kesehatan dan buat perhitungan resiko untuk menentukan jenis-jenis perawatan yang nantinya diperlukan. Misalnya, apabila nasabah seorang wanita, bisa menggunakan asuransi kesehatan dengan tanggungan biaya persalinan. Selain itu, premi asuransi kesehatan yang dibayarkan juga harus sesuai dengan kondisi keuangan nasabah. Semakin tinggi jumlahnya, maka biaya pertanggungan yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi, seperti untuk kamar rawat inap, juga semakin besar. Anda bisa memilih premi sedang jika tidak keberatan dengan fasilitas kamar rawat kelas II. Tapi, kalau Anda mempunyai kemampuan finansial yang lebih dan merasa nyaman berada di kamar rawat kelas I atau VIP, silakan mengambil premi tinggi.

Sistem pergantian uang yang diterapkan oleh pihak penanggung terbagi menjadi dua macam, yaitu reimbursement dan cashless. Untuk yang pertama, nasabah harus melakukan pembayaran biaya rumah sakit, baik ketika mendaftar inap maupun rawat jalan. Setelah perawatan selesai, mereka bisa mengajukan klaim pada pihak asuransi dengan menyerahkan bukti kuitansi pembayaran serta surat keterangan lainnya. Sementara yang kedua, nasabah hanya perlu memberikan kartu anggota ketika mendaftar di rumah sakit. Jadi, tidak ada biaya yang dikeluarkan terlebih dulu. Bila melihat penjelasan di atas, sistem reimbursement memang sedikit merepotkan. Akan tetapi, premi yang ditawarkan biasanya lebih rendah dan rumah sakit rekanannya lebih banyak. Dengan mempunyai asuransi, Anda bisa memperoleh pergantian biaya kesehatan dari pihak penanggung. Anda bebas memilih perusahaan asuransi, tapi pastikan kualitas pelayanannya sesuai dengan premi asuransi kesehatan yang diberikan.

Tambahan : Asuransi Kecelakaan Diri

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.