All for Joomla All for Webmasters

4 Perbedaan JHT dan Jaminan Pensiun

Perbedaan JHT dan Jaminan Pensiun

Perbedaan JHT dan Jaminan Pensiun

Bagi sebagian masyarakat menganggap Jaminan Hari Tua atau JHT sama dengan jaminan pensiun. Padahal JHT dan jaminan pensiun tersebut berbeda. Saat ini para pekerja maupun bukan pekerja bisa bernapas lega sejak JHT dan Jaminan Pensiun ini ada. Untuk bisa mendapatkan jaminan pensiun tentunya pekerja harus mendaftarkan dirinya ikut asuransi. Saat usia sudah tidak produktif lagi, kondisi keuangan pun sudah tidak sama saat masih bekerja. Sehingga saat kondisi keuangan tidak lagi sama, banyak orang yang kebingungan dengan kehidupan nya di masa tua.

Jika Anda bekerja di sebuah perusahaan yang besar, perusahaan dengan sendirinya akan mendaftarkan Anda pada layanan JHT atau pun jaminan pensiun dari pemerintah. Lalu bagaimana dengan Anda yang bekerja di perusahaan yang kecil?, jika Anda bekerja di perusahaan yang kecil dan belum berkembang kecil sekali kemungkinan nya bagi Anda untuk mendapatkan JHT maupun jaminan pensiun. Oleh sebab itu Anda sendiri lah yang harus menyiapkan jaminan pensiun Anda sendiri. Caranya adalah dengan mengikuti asuransi jaminan pensiun. Sebelum ikut menjadi nasabah di jaminan pensiun, simak beberapa perbedaan JHT dan jaminan pensiun berikut ini :

Pembayaran Dana

Perbedaan JHT dan jaminan pensiun berada pada pembayaran dana. Dana yang dibayarkan akan berbeda. Saat seseorang menjalani masa pensiun dan dia ikut JHT atau Jaminan Hari Tua dia akan mendapatkan dana dalam satu waktu sekaligus. Dana yang didapatkan nya berasal dari premi yang setiap bulan dia bayarkan. Sehingga jika Anda mendapatkan JHT sebesar 50 juta rupiah maka uang sebesar 50 juta rupiah itu akan dibayarkan sekaligus setelah Anda memasuki masa pensiun. Namun jika Anda mengikuti asuransi jaminan pensiun, Anda akan mendapatkan dana setiap bulan nya. Besarnya dana yang akan didapatkan nantinya berdasarkan rumus yang telah dihitung oleh pihak asuransi. Faktor yang mempengaruhi besar atau kecil nya dana yang didapatkan tergantung pada premi yang dibayarkan setia bulan nya, lamanya masa iuran, manfaat pasti dan lain-lain.

Besar Iuran

Besarnya iuran JHT dan juga Jaminan Pensiun berbeda. Jika iuran JHT besarnya iuran sebesar 5,7 % dan untuk jaminan pensiun besar nya iuran adalah 3 %. Iuran JHT nanti nya sebesar 2 % akan diberikan kepada pekerja itu sendiri, sedangkan sisa nya akan diberikan kepada si pemberi kerja. Jika jaminan pensiun, iuran nya sebesar 2 % akan diberikan kepada pemberi kerja sedangkan sisa nya sebesar 1 % akan diberikan kepada pekerja.

Pengambilan Dana

Pengambilan dana JHT maupun jaminan pensiun berbeda. Jika JHT pengambilan sebagian dana yang dimiliki bisa diberikan jika nasabah sudah membayar iuran minimal selama 10 tahun, sedangkan untuk jaminan  pensiun pengambilan sebagian nantinya hanya bisa dilakukan jika sudah menjadi nasabah selama 15 tahun lama nya.

Jaminan Pensiun Bisa Dirasakan Istri dan Anak

Perbedaan JHT dengan jaminan pensiun adalah jika si pemegang polis meninggal dunia, jaminan pensiun tersebut bisa dirasakan oleh anak dan istrinya selama sang istri belum menikah lagi. Pemberian dana nya selama bulanan namun syarat nya si pemegang polis sudah membayar iuran minimal selama 15 tahun lama nya.

Jika Anda ingin menjadi nasabah jaminan pensiun, Anda bisa mengikuti asuransi jaminan pensiun dari Panin Dai-ichi Life. Bersama dengan Panin Dai-Ichi Life Anda akan bisa mendapatkan masa tua yang nyaman dan bahagia tanpa harus bingung dalam masalah finansial lagi. Jaminan pensiun lebih bermanfaat untuk masa tua sebab pemberian dana selama bulanan sehingga uang pensiun tidak akan cepat habis. Demikianlah perbedaan JHT dan jaminan pensiun yang penting untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.