All for Joomla All for Webmasters

Manfaat Ikut Asuransi Jiwa Syariah Berbasis Islam

Asuransi Jiwa Syariah

Asuransi Jiwa Syariah

Asuransi Jiwa Syariah – Anda ingin ikut asuransi namun berbasis prinsip islam?, Anda bisa ikut asuransi jiwa basis syariah. Jika Anda tidak ingin ikut asuransi konvensional, Anda bisa ikut asuransi dengan basis ini. Meskipun basis nya adalah syariah, Anda akan tetap mendapatkan perlindungan yang maksimal untuk Anda dan keluarga Anda. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika Anda ikut asuransi ini. Konsep asuransi syariah ini berbeda dengan asuransi konvensional. Konsep dalam asuransi syariah ini risiko bisa dibagi rata oleh semua peserta asuransi. Kebijakan asuransi berbasis syariah ini berbeda-beda, tergantung dengan perusahaan asuransi tersebut. Oleh sebab itu sebelum Anda ikut asuransi panin dengan basis syariah ini, sebaiknya Anda pahami dulu setiap kebijakan yang diberlakukan di perusahaan asuransi itu. Berikut ini adalah manfaat asuransi jiwa syariah yang perlu untuk Anda ketahui :

Mendapatkan Perlindungan Penuh

Meski namanya asuransi jiwa syariah, Anda akan tetap mendapatkan perlindungan yang penuh terhadap Anda dan keluarga Anda. Anda bisa mendapatkan perlindungan jiwa, melindungi Anda dari kecelakaan dan melindungi Anda dari kecacatan. Tentunya dana yang didapatkan oleh pihak asuransi itu sesuai dengan syariat islam. Dana yang masuk digunakan melindungi peserta asuransi. Dana itu berasal dari kontribusi yang masuk dan dibayar secara berkala oleh peserta asuransi.

Merasakan Manfaat dari Rekening Bersama

Konsep asuransi syariah berbeda dengan asuransi konvensional. Jika asuransi konvensional risiko dari asuransi dan keuntungan dari asuransi tersebut berada di dalam perusahaan asuransi. Nantinya nasabah asuransi konvensional bisa memindahkan risiko kepada perusahaan asuransi. Namun jika Anda ikut asuransi dengan basis syariah, risiko tidak akan dipindahkan kepada perusahaan asuransi. Risiko yang dialami oleh peserta asuransi akan dibagi rata oleh peserta asuransi lainnya. Para peserta asuransi akan membayar dana bernama kontribusi dan dana itu ditampung dalam rekening bersama.  Rekening bersama itu disebut dengan  Tabarru. Tabarru itu tidak akan menjadi milik oleh perusahaan asuransi itu.

Asuransi Jiwa Syariah Terbaik

Pembayaran Lebih Fleksibel

Perbedaan antara asuransi konvensional dengan asuransi dengan basis syariah adalah pembayaran nya yang lebih fleksibel. Besarnya iuran atau kontribusi setiap pesertanya bisa ditentukan dengan besarnya kebutuhan Anda. Peserta yang ikut asuransi syariah akan mengalami dua macam kemungkinan. Yaitu surplus dari keuntungan. Surplus tersebut memiliki kontribusi yang lebih besar dibandingkan dengan jumlah klaim nya. Namun jika Anda mengajukan klaim lebih besar dari kontribusi yang Anda bayarkan, nantinya Anda akan mengalami defisit keuntungan. Dua kemungkinan inilah yang nantinya menjadi pembeda dari asuransi konvensional. Untuk bisa mendapatkan surplus keuntungan ada beberapa ketentuan yang harus Anda ikuti. Dimana kontribusi yang dibayarkan 60% berada di dalam rekening bersama, dana sebesar 30% akan diberikan kepada peserta asuransi dan sebesar 10% akan diberikan kepada pihak perusahaan asuransi.

Menumbuhkan Jiwa Sosial

Manfaat mengikuti asuransi jiwa berbasis syariah lainnya adalah menumbuhkan jiwa sosial di dalam diri Anda. Saat ada peserta asuransi lain nya yang sedang mengalami musibah, kontribusi Anda di dalam rekening bersama digunakan untuk membantu peserta lain nya yang sedang mengalami musibah tersebut.

Jika Anda tidak ingin mengikuti asuransi konvensional, Anda bisa ikut asuransi jiwa dengan basis syariah. Salah satu rekomendasi asuransi yang bisa Anda ikuti adalah asuransi dari Panin Dai-ichi Life. Panin Dai-ichi Life memegang teguh prinsip islam dalam asuransi syariah nya. Produk asuransi yang bisa Anda pilih adalah Multilinked Syariah. Keunggulan asuransi jiwa syariah multilinked tersebut adalah Anda bisa merencanakan keuangan Anda sampai dengan usia 80 tahun.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.