All for Joomla All for Webmasters

5 Penyebab Umum Audio Sound System Sering Bermasalah

Perangkat atau peranti hiburan bagi sebagian orang menjadi sesuatu hal yang sangat dibutuhkan terutama pada mobil. Ketika terjadi kemacetan akan sangat membosankan jika tidak ada audio yang menjadi teman setia perjalanan Anda. Meski begitu perangkat audio sound ini bisa menjadi sumber masalah yang menyebalkan terutama jika suara yang dihasilkan tidak sesuai dengan harapan. Kesabaran Anda pun akan semakin diuji jika kerusakan tersebut merambat kemana-mana sehingga membuat perjalanan Anda menjadi tidak nyaman. Oleh sebab itu untuk melakukan antisipasi dan membuat audio Anda menjadi terawat dengan baik ada baiknya jika Anda mengetahui apa saja yang menjadi penyebab audio sound system bermasalah seperti berikut ini :

Kelistrikan yang Bermasalah

Penyebab yang pertama adalah kelistrikan yang bermasalah. Ketidakstabilan dalam arus listrik ini bisa disebabkan oleh aki yang sudah lemah dan juga aus, selain itu bisa disebabkan oleh alternator yang tidak berfungsi dengan baik dalam mengisi arus listrik ke bagian aki. Kelistrikan yang bermasalah ini harus segera diatasi agar tidak menimbulkan gangguan dan masalah yang lebih besar.

Kesalahan Instalasi

Penyebab selanjutnya adalah kesalahan instalasi. Ausnya komponen audio tersebut bisa disebabkan oleh instalasi kabel yang tidak benar. Ketidaktepatan tersebut akan terjadi ketika melakukan upgrade pada sistem audio dimana hal ini sering terjadi pada audio dan sound system mobil. Selain itu penempatan beberapa komponen seperti speaker maupun kabel yang tidak tepat bisa menjadi penyebab perawatan sistem hiburan menjadi sulit dilakukan. Akibatnya adalah ketika terjadi kerusakan satu bagian akan lebih cepat merembet ke bagian yang lainnya. Kesalahan instalasi ini juga disebabkan oleh pemasangan atau penggunaan ukuran maupun kapasitas yang tidak pas antara satu dengan yang lainnya.

Baca Juga : Tips Mendapatkan Speaker Aktif Terbaik

Mematikan dan Mengaktifkan Audio Secara Paksa

Perilaku salah lainnya yang kerap dilakukan oleh pemilik audio adalah mematikan dan juga menghidupkan audio secara paksa. Hal ini akan membuat perangkat kehilangan tegangan listrik secara tiba-tiba yang mana akan menyebabkan komponen yang ada di dalamnya menjadi rusak. Oleh sebab itu agar audio Anda menjadi awet dan tidak rusak ada baiknya jika Anda tahu bagaimana cara mematikan damn menghidupkan audio sound system dengan baik dan benar. Selain itu arus listrik yang datang secara tiba-tiba juga akan membuat komponen menjadi cepat aus. Kerusakan juga akan terjadi pada tahanan, diode, dan lain sebagainya akan mudah hangus bahkan jebol.

Tidak Pernah Dirawat

Peranti maupun perangkat yang tidak pernah dirawat akan mudah rusak berbeda dengan yang selalu dirawat. Audio dan sound system tersebut sama dengan  perangkat keras lainnya dimana membutuhkan perawatan dengan baik. Lakukanlah perawatan yang baik dan benar supaya tidak menimbulkan masalah ke depannya. Untuk perawatan ini Anda bisa melakukannya tiga hari sekali atau satu minggu sekali.

Debu yang Berlebihan

Hal yang harus Anda perhatikan adalah debu yang melekat pada perangkat audio Anda. Alasannya adalah debu yang berlebihan tersebut akan membuat audio Anda menjadi bermasalah. Memang hal ini terlihat sepele terlebih lagi audio merupakan perangkat yang tertutup dengan rapat. Namun fakta selama ini membuktikan bahwa debu tersebut akan menyebabkan perangkat mengalami penurunan kualitas. Untuk membuat audio tersebut berfungsi secara normal penting bagi Anda untuk melakukan pembersihan secara rutin komponen-komponen audionya. Alasannya adalah audio tidak hanya sebatas head unit semata namun juga memiliki beberapa komponen lainnya seperti kabel, speaker, maupun power unit.

Demikianlah beberapa penyebab audio sound system bermasalah yang penting untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

Anda juga bisa menemukan beberapa produk audio sound systemsecara lengkap di toko online BLIAUDIO

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.