All for Joomla All for Webmasters

5 Makanan Penurun Kolestrol Tinggi Yang Terbukti Ampuh

makanan pencegah gejala kolestrol tinggi

 

Apa saja makanan penurun kolestrol tinggi? Kolesterol adalah penyakit yang kini semakin banyak dikeluhkan masyarakat. Hal ini sehubungan dengan semakin banyaknya makanan tak sehat yang beredar dan rendahnya kesadaran untuk berolahraga dan juga menjaga kesehatan. Pada dasarnya kolestrol bukanlah sesuatu yang menakutkan karena sudah ada secara alami dalam tubuh manusia. Kolesterol ini diproduksi dengan dua cara, yaitu secara alami oleh hati dan melalui akumulasi zat makanan yang Anda konsumsi.

Oleh karenanya semakin tak sehat makanan yang dikonsumsi, seperti gorengan, santan, dan lemak, maka kadar kolesterol akan terus meningkat. Kolesterol juga dibagi menjadi 2, yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Dan bagi Anda yang sudah terlanjut diserang oleh kolesterol jahat, maka Anda bisa mengkonsumsi beberapa makanan yang ampuh untuk turunkan kolestrol tinggi. Apa saja makanan itu? Temukan jawabannya pada ulasan berikut ini.

 

Minyak Zaitun

Mungkin kita mengenal minyak goreng sebagai bahan makanan yang membawa kolesterol jahat. Tetapi berbeda dengan minyak zaitun karena minyak yang satu ini justru ampuh menurunkan kolesterol jahat. Minyak zaitun memiliki kandungan asam lemak tak jenuh dan kaya akan vitamin E yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Untuk mengkonsumsinya Anda bisa mencampurkan 2 sdm minyak zaitun pada salad buah atau bisa juga dengan mulai menggunakan minyak ini sebagai minyak utama untuk menumis atau menggoreng bahan makanan.

 

Oatmeal

Beberapa orang mungkin mengenal oatmeal sebagai makanan diet. Hal tersebut memang tidak salah karena oatmeal mengandung serat yang sangat tinggi. Tetapi oatmeal juga efektif untuk menurunkan kadar kolesterol karena kaya akan serat larut yang ampuh menurunkan LDL atau kolesterol jahat.

Oatmeal juga berperan membuat tubuh mampu mengurangi serapan kolesterol jahat sehingga beberapa makanan yang dikonsumsi tidak memberi dampak kenaikan kolesterol yang signifikan. Namun itu bukan berarti Anda bisa mengkonsumsi makanan berkolesterol sesuka hati karena tetap diperlukan tindakan pencegahan agar tubuh semakin sehat.

 

Kacang Kedelai

Bahan makanan yang sering dianggap remeh ini sebenarnya menyimpan segudang manfaat. Mulai dari kandungan protein yang sangat tinggi hingga zat isoflavon yang mampu menurunkan kolestrol tinggi. Makanan berbahan dasar kedelai juga sangat mudah untuk ditemukan, seperti tempe, tahu, susu kedelai, oncom, dan lain sebagainya.

Tetapi walaupun kedelai sangat sehat, Anda juga harus memperhatikan cara pengolahannya. Jangan memasak makanan berbahan kedelai dengan minyak goreng karena hanya akan merusak nutrisi didalamnya. Sebaiknya kukus atau rebus bahan makanan tersebut. Atau jika mau Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk menggoreng atau menumisnya.

 

Ikan Salmon

Ikan yang satu ini memiliki kandungan omega-3 di atas rata-rata jenis ikan kebanyakan. Selain itu, ikan ini juga efektif untuk menurunkan kadar LDL dan trigliserida atau lemak dalam darah. Sebaliknya, ikan salmon justru sangat bermanfaat untuk meningkatkan kolesterol baik karena mengandung HDL. Selain itu, dalam ikan ini juga terkandung EPA dan DHA yang baik bagi kesehatan organ jantung.

Salah satu asosiasi kesehatan di USA bahkan menyimpulkan bahwa mengkonsumsi ikan salmon sebanyak 2 porsi dalam seminggu mampu mengoptimalkan fungsi tubuh dalam menurunkan kolesterol jahat. Hal ini menunjukkan bahwa ikan salmon memang menjadi salah satu jenis ikan paling sehat yang wajib dikonsumsi. Dan Anda juga tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi ikan ini dalam jumlah banyak karena kandungan kalori didalamnya sangat rendah.

Baca Juga : Makanan Yang Sehat Dikonsumsi Untuk Kesehatan Jantung

Alpukat

Buah yang satu ini biasanya dihindari karena dianggap berlemak. Padahal alpukat kaya akan lemak tak jenuh yang sebenarnya aman untuk dikonsumsi. Selain itu kandungan Flavonoid pada alpukat juga sangat baik untuk menurunkan kolesterol dan membuang lemak jenuh dalam tubuh.

Pada dasarnya mengkonsumsi alpukat sangatlah sehat karena mengandung lemak nabati yang sehat dan ampuh melawan kolesterol. Hanya saja alpukat memang memiliki kandungan kalori yang tinggi sehingga membuat Anda tidak mudah lapar. Namun bukan berarti hal itu buruk karena pada dasarnya kalori bukanlah zat yang harus dihindari.

 

Demikianlah ulasan singkat yang dapat kami bagikan seputar 5 makanan yang ampuh untuk menurunkan kolestrol tinggi. Pastikan Anda rutin mengkonsumsi makanan sehat tersebut terutama ketika sudah mengalami gejala kolestrol tinggi dan pastinya tubuh pun semakin sehat.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.