All for Joomla All for Webmasters

4 Manfaat Penerapan Warehouse Management System bagi Sebuah Perusahaan

Tujuan dari sistem manajemen pergudangan ini adalah untuk menyediakan komputerisasi seperangkat prosedur yang berhubungan dengan tindakan-tindakan di gudang. Dalam menerapkan sistem manajemen pergudangan ini, perusahaan dapat memanfaatkan teknologi Radio Frequency, WiFi LAN, Barcode Scanner, serta berbagai macam teknologi lainnya yang dapat menunjang pengoperasian sistem tersebut. Berikut ini akan dijelaskan manfaat penerapan Warehouse Management System bagi sebuah perusahaan.

1. Mengurangi Pengeluaran untuk Gaji Karyawan

Dengan adanya Warehouse Management System, perusahaan dapat menekan biaya yang harus mereka keluarkan untuk menggaji para karyawan.  Biaya karyawan atau tenaga kerja di gudang memang bisa saja melonjak ketika ada jumlah barang yang besar dan banyak yang harus di simpan. Karena itulah, dengan menerapkan sistem manajemen pergudangan berarti perusahaan telah menekan biaya yang harus mereka keluarkan untuk membayar gaji tenaga kerja di gudang karena mereka tidak perlu lagi menyimpan barang dalam jumlah yang teramat besar.

2. Mengurangi Pengeluaran terhadap Peralatan

Sistem manajemen pergudangan akan membantu perusahaan dalam mengurangi penggunaan peralatan karena sistem ini dapat menghimpun semua data hanya dengan menggunakan komputer. Dengan demikian hal ini dapat mengurangi anggaran pemeliharaan tahunan dan pembelian peralatan baru.

3. Mengurangi Kerugian Persediaan

Dengan menerapkan Warehouse Management System, perusahaan akan memperoleh catatan yang tepat mengenai jumlah persediaan barang di dalam gudang. Hal ini dapat membantu perusahaan terhindar dari masalah kelebihan stok barang di gudang penyimpanan.

Jika perusahaan tidak memiliki catatan yang baik terkait stok barang di dalam gudang, bisa jadi perusahaan akan mudah kehilangan jejak barang-barang yang mereka miliki. Sementara itu, jika perusahaan memiliki item di dalam gudang dalam jumlah yang tidak terhitung pada catatan, maka dikhawatirkan perusahaan itu akan memesan stok lagi, yang pada akhirnya justru menyebabkan kelebihan stok.

Sistem manajemen pergudangan ini juga akan melacak tanggal kadaluarsa agar dapat memastikan rotasi stok yang tepat, menghindari kesalahan informasi, dan juga dapat menghemat anggaran.

4. Penggunaan Ruang secara Lebih Efisien

Sistem manajemen pergudangan dapat mengelola ruang di dalam gudang untuk menyimpan barang dengan lebih efisien. Sistem ini membuat perusahaan mampu melihat dan menentukan area penyimpanan serta lokasi di dalam gudang secara menyeluruh sehingga dapat memanfaatkan area tersebut dengan baik.

Mereka akan lebih mudah dalam menata, mengorganisasi penyimpanan barang, serta akan lebih mudah dalam pencarian stok barang tersebut nantinya. Sistem ini akan menginformasikan tempat terbaik untuk menyimpan barang di dalam gudang berdasarkan dimensi dan beratnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.