All for Joomla All for Webmasters

Cegah Gigi Berlubang, Berikut Cara Merawat Gigi dengan Baik dan Benar

Cegah Gigi Berlubang, Berikut Cara Merawat Gigi dengan Baik dan Benar

Cegah Gigi Berlubang, Berikut Cara Merawat Gigi dengan Baik dan Benar

Salah satu masalah gigi yang paling sering dialami adalah gigi berlubang. Banyak faktor yang bisa menyebabkan gigi berlubang, mulai dari makanan hingga perlakuan yang asal-asalan. Merawat gigi bukanlah hal yang sulit, hanya saja membutuhkan ketelatenan dan keberlanjutan supaya tidak berakhir di tangan dokter gigi Jakarta terbaik. Yuk kenali bagaimana cara merawat gigi.

 

Cara Merawat Gigi Agar Terhindar dari Gigi Berlubang

  1. Menyikat Gigi Setelah Makan

Menyikat gigi setelah makan mungkin masih menjadi kebiasaan yang sangat jarang dilakukan karena biasanya menyikat gigi dilakukan 2 kali saja dalam sehari. Namun, menyikat gigi setelah makan termasuk hal yang penting untuk membuang sisa-sisa makanan pada gigi. Sebab, sisa makanan ini bisa menyebabkan gangguan jika dibiarkan.

Namun, jika anda tidak bisa menyikat gigi setelah makan, setidaknya berkumur dengan air atau cairan pembersih mulut. Cairan ini dapat membantu mengangkat plak dan bakteri yang bersarang di dalam mulut. Plak inilah yang menjadi penyebab terjadinya gigi berlubang. Selain itu, berkumur juga dapat menjangkau bagian mulut yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.

Baca juga : Punya Masalah Gigi? Simak 4 Tips Memilih Dokter Gigi Jakarta Terbaik

  1. Menggunakan Pasta Gigi dengan Kandungan Fluoride

Enamel gigi yang merupakan lapisan terluar dari gigi membutuhkan perlindungan ekstra. Pasta gigi dengan kandungan fluoride akan membantu anda untuk melindungi gigi dari bakteri pada plak yang memproduksi senyawa asam. Senyawa asam ini dapat menyebabkan kerusakan pada gigi.

Bagi anak-anak, sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter gigi Jakarta terlebih dahulu untuk memastikan batas aman penggunaan pasta gigi dengan kandungan fluoride. Susunan zat di dalam gigi anak berbeda dengan orang dewasa. Terlalu banyak fluoride juga tidak baik untuk kesehatan gigi anak.

  1. Menghindari Makanan Penyebab Gigi Berlubang

Berbagai bentuk perawatan gigi yang sudah dilakukan tidak akan cukup jika masih suka mengonsumsi makanan yang berpotensi menyebabkan gigi berlubang, seperti makanan manis. Terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman manis juga tidak baik untuk kesehatan gigi.

Selain menghindari makanan manis yang bisa membuat gigi berlubang, anda juga harus mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan gigi, seperti buah, sayuran, keju, susu, dan makanan sehat lainnya. Yang tidak kalah penting untuk anda konsumsi adalah air putih yang cukup.

  1. Memeriksakan Kesehatan Gigi Secara Rutin

Selain mencegah secara mandiri, anda juga bisa melakukan pemeriksaan gigi secara rutin ke dokter gigi Jakarta untuk mengecek apakah ada gangguan yang berpotensi muncul. Jika ada, makan dapat dilakukan penanganan lebih awal, sehingga kondisi gigi anda tidak sampai mengalami kerusakan.

Merawat gigi bukanlah hal yang sulit, namun memerlukan tekad yang kuat. Terlebih bagi anda yang masih suka dengan makanan atau minuman manis dan malas menggosok gigi. Gigi yang tidak terawat dengan baik dapat menyebabkan munculnya banyak masalah, seperti sakit gigi atau gigi berlubang.

Artikel lainnya : Kapan Imunisasi ke klinik tumbuh kembang anak

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.